Thursday, July 7, 2016

Menakjubkan....!!! Inilah Khasiat Luar Biasa Daun Sirih Hijau dan Merah yang Harus Anda Ketahui

Khasiat Daun Sirih -- Saya kira kita semuanya sudah pernah lihat daun sirih. Dari dahulu kala nenek-nenek kita orang indonesia sangat masyur dengan kebiasaan “nyirih”-nya. Sirih sendiri mempunyai banyak type. Ada sirih hijau, merah, serta hitam. Masing-masing dengan manfaat berbeda.



Serupa tetapi tidak sama. Sirih sendiri telah dari sejak lama digunakan oleh para leluhur kita utk jadikan pengobatan alternatif yang bisa buat mengobati semua jenis penyakit. Ini jugalah alasan ada budaya “nyirih” itu sendiri utk memperkuat gigi dan gusi yg ternyata hasilnya luarbiasa.

Caranya ialah dgn mencampurkan daun sirih, kapur sirih, pinang, kapulaga, serta gambir. Lalu, semuanya digulung pada daun sirih dan dikunyah atau digosokkan di gigi hingga warnanya gigi berubah. Sehabis itu, kumur dengan air dan dibuang jangan ditelan. Hasilnya yaitu gigi dan gusi yang selalu mengagumkan kondisinya. Padahal saat zaman dulu belum ada peralatan modern mirip saat ini.

Perbedaan dari sirih-sirih tersrbut yaitu dari warna daun yg dimiliki. Sirih merah mempunyai warna daun yang kemerahan. Sedangkan sirih hijau memiliki warna daun yg hijau segar. Lalu sirih hitam mempunyai daun yg warnanya kehitam-hitaman.
Diantara ketiga jenis sirih tadi, ada dua yg paling populer. Daun sirih hijau serta merah yaitu yang paling populer. Di artikel ini akan dibahas 2 jenis sirih saja : sirih hijau dan sirih merah.

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN SIRIH HIJAU 




Daun sirih hijau mempunyai warna hijau muda jelas. Sirih hijau populer dgn nama latin Piper betle, Linn. Sirih hijau termasuk dlm famili Piperaceae. Biasanya Sirih hijau merambat di tumbuhan lain. Akan tetapi, sirih hijau dapat juga merambat pada tanah.

Sirih hijau kaya kandungan minyak atsiri, estragol, fenil propana, kavicol, kavibetol, hidroksikavicol, caryophyllene, cadinene, allylpyrokatekol, cyneole, tanin, diastase, pati, seskuiterpena, terpennena, dan gula.

Kandungan minyak atsiri dalam sirih hijau ini dan beberapa di antaranya manjadikan daun sirih hijau sebagai salah satu antijamur yang terbaik.

Sirih hijau memiliki manfaat sebagai berikut : 

- Mengobati sakit gigi
- Mengobati keputihan – bentuk mengobati keputihan ini terjadi dikarenakan sirih hijau mempunyai antijamur yg dapat membunuh kuman jahat pada daerah kewanitaan.
- Mengobati gusi bengkak
- Mengobati sariawan
- Obat semprot hama
- Menghilangkan bau mulut tidak sedap
- Memperlancar haid
- Mengobati demam berdarah
- Menghilangkan bau badan
- Mengobati eksim dan penyakit kulit
- Bersihkan mata
- Menghentikan mimisan
- Mengobati asma
- Mengobati diare
- Mengobati luka bakar
- Mengobati radang tenggorokan
- Memperlambat penuaan lantaran kandungan antioksidan
- Mengusir serangga
- Mengatasi sembelit
- Mengatasi masalah penafasan
- Mengurangi peradangan
- Mengobati batuk
- Menghilangkan jerawat dan bekas luka
- Mengobati sakit punggung


MANFAAT DAUN SIRIH MERAH 




Sirih merah kerap ditemui di hutan yang tidak terlalu rapat ekosistemnya. Daun Sirih merah kaya kandungan minyak terbang (betiephenol), hidroksikavikol atsiri, seskuiterpen, pati, kavibetol, allylprokatekol, diastase, tanin, gula dan zat samak serta kavikol yg memiliki daya mematikan kuman, aktioksidasi dan fungisida, sebagai anti jamur.

Daun sirih merah memiliki manfaat menjadi berikut : 

- Mengatasi keputihan
- Menghilangkan bau badan
- Mengobati diabetes
- Menghilangkan bau mulut

Mungkin masih banyak yg belum di ketahui tentang sirih merah yang daunnya berupa hati di bagian puncaknya ini. Hal ini karena masih begitu jarangnya riset dari para ahli yg menggunakan sirih merah sebagai objek penelitian. Tidak sama dengan khasiat dan manfaat daun sirih hijau sudah banyak dijabarkan dgn rapi serta di ketahui secara umum.

CARA MEMAKAI DAUN SIRIH UNTUK PENGOBATAN 

Kedua type daun ini memiliki manfaat yg hampir sama. Pengolahan yg dibutuhkan utk keduanya juga sama juga. Tinggal lakukan teknik rebusan saja untuk digunakan sebagai obat dalam.

Teknik rebusan yang dilakukan adl dengan memasukkan beberapa lembar daun sirih dalam panci campur dengan beberapa gelas air, dan rebus sampai jumlah air susut. Sesudah itu, air rebusan yg telah susut itu diminum.

Sedangkan untuk obat luar, teknik yg digunakan adl dgn membalurkan sirih ke bebrapa bagian luar yg sakit. Baik dengan cara setelah daun dihaluskan dulu atau dgn cara daun cuma diletakkan saja.

Pemaparan diatas tentu buka pengetahuan baru untuk kita tentang obat herbal yg bagus untuk pengobatan alternatif murah. Jadi akan begitu penting membudidayakan daun sirih ini. Sekian atrikel tentang manfaat daun sirih hijau serta merah yang sangat menakjubkan. Semoga berguna.

0 comments

Post a Comment