Thursday, September 22, 2016

AJAIB....!! Setiap Kalian Mengolah Singkong Pasti Kulitnya Sering Kalian Buang Begitu Saja, Tanpa Kalian Sadari Ternyata Kulit Singkong Menyimpan Banyak Manfaat. Diantaranya Sebagai Bio Energi, Olahan Makanan, DLL. Yuk Sebarluaskan Artikel Bermanfaat Ini Kepada Yang Lain



 Untuk masyarakat Indonesia, tidak ada yang tidak mengetahui singkong atau ketela pohon. Bagian-bagian tanaman singkong dapat dipakai sebagai bahan makanan. Umbi dan daun singkong, yaitu bahan makanan yang umum dikonsumsi sebagai sumber paling utama karbohidrat dan sebagai pelengkap atau sayuran. Namun, ada satu bagian lagi yang masihlah bisa digunakan dari tanaman ini. Bagian yang hingga saat ini disangka tidak utama bahkan senantiasa dibuang adalah bagian kulit umbi singkong. Aneh memanglah, namun sesungguhnya kulit singkong mempunyai kandungan nutrisi yang bisa digunakan oleh badan dan pasti aman apabila dikonsumsi. Nutrisi paling penting yang kaya akan dalam kulit singkong yaitu karbohidrat.

Memanglah konsumsi kulit singkong belum dapat diaplikasikan lewat cara optimal dan hingga saat ini kulit singkong hanya dibuang demikian saja dan dikelompokkan sebagai sampah organic karena dapat membusuk dan hancur dengan sendirinya.

Apabila kita menyimak lebih jauh, terdapat beberapa faedah lainnya yang bisa didapat dari pemakaian kulit singkong, salah satunya :

1. Sebagai pupuk organik 

Biasanya, kulit singkong hanya ditinggalkan membusuk demikian saja. Walaupun sesungguhnya, apabila digunakan, kulit singkong ini dapat jadikan sebagai kompos atau pupuk organik. Pupuk yang ramah lingkungan dan jadi satu di antara nutrisi yang dapat menolong perkembangan satu tumbuhan dan bisa jadi penghilang hama pada tumbuhan.

2. Pakan Ternak 

Faedah kulit singkong di segi lain dapat jadikan sebagai pakan hewan. Kandungan karbohidrat yang tinggi dapat memudahkan petani membuahkan hewan ternak yang gemuk.

3. Bio energi 

Kulit singkong terkecuali dapat digunakan sebagai kompos dan pakan ternak, nyatanya bisa pula diolah dan digunakan sebagai sumber daya yang dapat menukar bahan bakar dari minyak yang hingga saat ini digunakan oleh orang-orang. Tehnologi yang diaplikasikan untuk menghasilkan bioethanol yakni melalui sistem bernama hidrolisa asan dan enzimatis. Satu di antara pemakaian limbah kulit singkong ini sekalian jadi satu di antara program yang mensupport program yang dicanangkan oleh pemerintah terkait dengan penyediaan bahan bakar nabati sebagai alternatif pngganti bahan bakar minyak seperti bensin.

4. Olahan makanan 

Yang paling mempesona dari pemakaian limbah kulit singkong yang bernilai jual sangat tinggi dan dapat lewat cara segera dikonsumsi oleh manusia yaitu kulit singkong diolah sebagai makanan. Umumnya, kulit singkong diolah jadi keripik. Namun, ada satu daerah yang ada di propinsi Jawa Barat yang jadi dengan berhasil mengubah kulit singkong jadi dendeng. Dendeng yang umumnya terbuat dari daging, sekarang ini menggunakan bahan kulit singkong.

Inspirasi pembuatan dendeng memiliki bahan kulit singkong nampak dari keprihatinan warga yang lihat limbah kulit singkong yang terbuang dan hanya jadi bahan makan ternak. Dengan sistem yang sedemikian ulet dan panjang, selanjutnya mereka bisa membuahkan dendeng yang datang dari kulit singkong. Sehubungan dengan rasa, pasti tak jauh tidak sama dengan dendeng yang datang dari daging. Baiknya, dendeng kulit singkong telah dapat diterima dengan baik oleh orang-orang dan jadi satu di antara oleh-oleh yang diburu oleh wisatawan yang bertandang ke daerah itu.

0 comments

Post a Comment